Ragam Ikan

Jual Indukan Lele Bersertifikat Sangkuriang, Mutiara, Masamo

Ahmad Farm menjual indukan lele bersertifikat dari jenis Sangkuriang, Mutiara, dan Masamo. Selain merupakan indukan lele yang bagus namun juga siap pijah. Sehingga akan memudahkan Anda yang ingin melakukan usaha pendederan sendiri.

Mendapatkan indukan ikan yang berkualitas bukanlah perkara mudah. Tidak setiap tempat pembenihan ikan menyediakan induknya. Kalaupun ada kualitasnya belum tentu terjamin. Kondisi inilah yang membuat banyak peternak atau petani ikan yang kesulitan dalam melakukan pendederan sendiri.

Indukan Lele Bersertifikat untuk Menghasilkan Bibit Ikan Lele Unggul

Untuk memudakan para peternak ikan mendapatkan bibit ikan lele unggul dan berkualitas, Ahmad Farm memang menyediakan indukan yang bagus yang siap pijah. Kami jual indukan lele bersertifikat dari SKAI.

jual indukan lele sangkuriang
Indukan lele Sangkuriang

Sertifikasi induk ikan semacam ini sangat penting untuk memberikan jaminan kualitas benih ikan yang dihasilkannya. Kualitas induk ikan lele semacam ini pula yang menjadi standar bagi Ahmad Farm dalam menghasilkan benih lele berkualitas untuk para petani ikan yang membutuhkan.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda sebagai peternak ikan atau pemula yang ingin menjalankan usaha ini, Ahmad Farm menyediakan indukan lele bersertifikat dari beberapa jenis. Seperti indukan lele Mutiara, indukan lele Sangkuriang siap pijah, maupun indukan lele Masamo.

jual indukan lele bersertifikat sangkuriang mutiara masamo
Indukan lele mutiara

Berikut ini ukuran dan jumlah induk ikan lele dari kami.

BOBOT INDUKISI / BOX
0,5 Kg30 ekor
1 Kg15 ekor
1,5 kg10 ekor

Untuk Anda yang ingin memesan indukan lele yang bagus tersebut silahkan hubungi kami melalui nomor kontak di bawah ini. Harga indukan biasanya belum termasuk biaya pengiriman (biaya cargo) maupun biaya untuk uji lab karantina. Untuk detailnya silahkan konsultasikan dengan kami.

Cara Pemijahan dengan Indukan Lele Bersertifikat

Proses pemijahan lele merupakan bagian sangat penting dalam usaha budidaya. Untuk Anda yang memang berencana untuk melakukan pendederan ikan lele sendiri, berikut ini beberapa langkah cara pemijahan dengan menggunakan indukan lele bersertifikat.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih calon indukan yang sudah matang dan siap. Pilih lele betina dan jantan dengan ukuran yang sama. Ini penting agar tidak ada indukan yang takut karena merasa kecil.

telur lele masamo
Telur lele hasil pemijahan

Selain itu siapkan kolam untuk pemijahan lele. Idealnya, kolam semacam ini berbentuk kolam semen atau fiberglass. Jenis kolam ini akan memudahkan dalam mengamati hasil telur lele yang ada. Selain itu ukuran kolam yang baik adalah 2 x 1 meter atau 2 x 3 meter.

Baca juga: Jual Bibit Ikan Lele Murah yang Unggul

Setelah itu kolam untuk pemijahan Anda siapkan 2 minggu sebelumnya. Caranya dengan mengeringkan kolam terlebih dahulu. Setelah itu jemur beberapa hari untuk membunuh mikroorganisme yang masih ada.

Setelah kolam siap lalu isi dengan air yang jernih dan bersih. Volume air dengan ketinggian mencapai 30 hingga 40 cm dari dasar kolam.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan atau melakukan pemasangan kakaban. Ini merupakan tempat untuk bagi indukan lele bersertifikat atau yang bagus dalam menempelkan telur yang dihasilkannya.

Kakaban bisa Anda bikin dari bahan ijuk yang lalu dijepitkan pada pinggir kolam. Ikat atau tambahkan pemberat agar kakaban tidak malah mengapung. Keberadaan kakaban ini penting agar telur lele nantinya mudah dipindahkan dan tidak malah berhamburan.

Syarat Pemijahan yang Berhasil

Agar proses pemijahan berhasil, Anda perlu membuat air kolam ini selalu mengalir. Ini penting agar air dalam kolam pemijahan kaya dengan oksigen. Aliran air ini bisa Anda buat dengan frekuensi antara 2 hingga 3 liter/detik.

jual indukan lele mutiara

Sedangkan waktu terbaik untuk memasukkan indukan lele bersertifikat ke dalam kolam adalah pada waktu sore. Penentuan waktu ini akan berguna agar pada malamnya kedua induk ikan bisa memijah dengan tenang. Kolam juga harus Anda tutup agar ikan lele tidak lari keluar atau meloncat.

Pada pagi harinya Anda tinggal mengecek ke kakaban kolam untuk memantau telur lele hasil pemijahan. Anda perlu membedakan telur yang berhasil dibuahi dengan warna transparan. Sedangkan yang gagal akan berwarna putih susu.

Tahap terakhir Anda harus segera mengeluarkan dan memindahkan indukan lele dari kolam. Ini penting agar mereka tidak malah memakan dan menghasilkan telur-telur yang telah dihasilkannya.

Tahap Penetasan Telur Ikan Lele

Sedangkan untuk tahap penetasan telur lele juga dapat Anda lakukan pada beberapa jenis kolam. Baik pada kolam pemijahan tersebut, dalam aquarium, ataupun dengan membuat kolam khusus terpisah.

telur lele masamo
Telur lele hasil pemijahan

Proses perubahan telur menjadi larva hasil pemijahan dari indukan lele bersertifikat akan berlangsung antara 24 hingga 48 jam. Dalam periode waktu ini Anda harus menjaga agar suplai air kolam yang mengandung oksigen tetap terjaga. Begitu juga suhu harus dijaga sekitar 26 hingga 29 derajat celcius.

Selalu monitor perkembangan telur ini dan Anda harus cepat memisahkan telur yang gagal (berwarna putih) maupun larva yang mati dengan yang hidup. Ini penting agar air kolam tidak membusuk dan menimbulkan penyakit.

Untuk larva yang baru berumur 3 hingga 4 hari biarkan saja dan Anda tidak perlu repot memberikan pakan. Setelah larva berumur 5-15 hari Anda bisa memberikan pakan berupa ulat sutra.

Namun sesudah larva mencapai umur 15 hari, sebaiknya segera Anda pindahkan ke kolam pendederan yang terpisah. Setelah itu berikan pakan pelet atau makanan lainnya sesuai kebutuhan.

ahmadfarm.com

Nah, untuk Anda yang mecari tempat yang jual indukan lele bersertifikat jenis Sangkuriang, Mutiara, dan Masamo yang siap untuk pendederan segera saja hubungi Ahmad Farm. Kami juga menyediakan dan jual bibit ikan unggul yang murah aneka jenis. Jangan sungkan bertanya atau berkonsultasi untuk kebutuhan usaha ternak Anda.

Leave a Comment!

%d blogger menyukai ini: