Ragam Ikan

Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Cara Budidayanya untuk Usaha

Ada banyak jenis ikan hias air tawar yang cantik dan memiliki harga jual yang tinggi. Selainnya warnanya yang indah, ukurannya juga beragam dari yang kecil hingga agak besar. Untuk anda yang ingin menjalankan usaha ternak ikan hias mulai memulainya dari skala rumahan dan modal kecil.

Untuk budidaya ikan hias juga tidak sulit, Panduan semacam ini memang menjadi informasi penting yang dibutuhkan oleh mereka yang ingin membudidayakan ikan hias secara komersial. Mengingat bisnis ikan hias adalah suatu usaha yang sangat menguntungkan dengan modal minim.

jenis ikan hias air tawar

Keuntungan dari usaha ini bisa mencapai jutaan rupiah setiap bulannya. Pangsa pasarnya sangat jelas dan luas. Apalagi memelihara ikan hias dalam akuarium maupun kolam sedang menjadi booming saat ini dan banyak orang yang menyukainya.

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer dan Cara Budidayanya

Dalam menjalankan usaha ternak ikan hias tentunya anda harus mengenal apa saja yang populer dan sangat disukai masyarakat. Nah, berikut ini jenis-jenis ikan hias air tawar paling populer yang bisa anda pilih untuk usaha ternak dengan hasil yang sangat menguntungkan.

Ikan Hias Guppy

Ikan Guppy merupakan ikan hias air tawar yang banyak diternakkan orang. Karena gampang dibudidayakan dan gampang dipelihara. Dari sepasang indukan ikan Guppy mampu berkembang biak menjadi ribuan anakan ikan Guppy. Kamu yang mau beternak ikan hias bisa mempertimbangkan jenis ikan ini untuk diternakkan di kolam maupun akuarium.

jenis ikan hias guppy

Cara budidaya ikan hias Guppy relatif tak berbeda dengan jenis ikan hias air tawar yang lain. Berikut ini langkah-langkah penting cara beternak ikan hias guppy dari awal sampai panen yang sebaiknya anda perhatikan.

Baca juga Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah

  1. Mempersiapkan tempat budidaya ikan guppy. Bisa berupa kolam tembok maupun akuarium
  2. Mempersiapkan indukan ikan guppy yang terdiri-dari ikan guppy dewasa jantan dan ikan guppy betina dewasa. Pastikan indukan guppy mempunyai kualitas unggul supaya anakan yang dihasilkan juga unggul. Seperti tanpa cacat, dalam kondisi sehat, serta mudah tumbuh besar. Anda dapat membeli indukan atau bibit ikan Guppy dari para peternak ikan hias Guppy terdekat.
  3. Cara membedakan ikan Guppy betina dan jantan. Bagi pemula mungkin bertanya bagaimana cara membedakan antara ikan guppy jantan dewasa dengan ikan betina guppy dewasa? Caranya sangat gampang. Ikan guppy jantan mempunyai warna tubuh yang sangat terang dan di bagian tubuh terdapat garis horizontal. Adapun ikan guppy dewasa betina mempunyai warna tubuh lebih gelap. Misalkan mempunyai warna abu-abu dan di bagian tubuhnya tak terdapat garis melintang.

Keunggulan Budidaya Ikan Hias Guppy

Budidaya ikan hias Guppy sangat cocok untuk usaha ternak para pemula. Berikut ini beberapa alasannya yang sebaiknya anda tahu.

Jenis ikan hias air tawar ini mempunyai daya tahan hidup yang sangat kuat. Ikan ini layaknya ikan cupang yang memiliki daya tahan sangat kuat hingga tidak mudah mati. Yang membuat peternak ikan guppy akan jauh dari menderita kerugian akibat ikan mati.

Mudah beranak pinak dan perawatannya tanpa ribet. Ini juga yang menjadi minat para penghobi membudiayakannya sebagai lahan usaha.

Ikan Guppy dapat memproduksi banyak anakan berkali lipat tanpa proses perkawinan berikutnya. Karena sifat dan ciri khas ikan Guppy betina dewasa yang bisa melakukan penyimpanan sperma sampai puluhan minggu pasca perkawinannya.

Banyak anakan yang bisa kita hasilkan. Indukan ikan guppy betina dewasa dalam satu masa kawin bisa memproduksi 50 ekor anak ikan Guppy. Anakan ikan Guppy harus kita pisahkan dan ditempatkan pada kolam khusus. Ini karena anakan ikan Guppy bisa saja dimakan ikan lain yang memiliki ukuran lebih besar.

Ikan Hias Platy

Jenis ikan hias air tawar lainnya yang bisa anda pertimbangkan untuk diternakkan adalah ikan Platy. Ikan ini mempunyai daya tahan hidup yang kuat sekali. Ia bisa hidup dalam berbagai situasi air. Sehingga cocok untuk dibudidayakan. Ikan Platy mempunyai tubuh dengan warna terang dengan ukuran badan yang kecil.

Ikan Platy menjadi ikan hias yang menjadi favorit para peternak ikan hias di Indonesia. Hal ini karena sifatnya yang sangat gampang berkembang biak. Satu kali melahirkan, indukan ikan Platy dapat menghasilkan anakan sampai puluhan ekor.

Sedangkan yang menjadi kelemahan ternak ikan hias Platy adalah sifat kanibalnya. Ikan ini suka memangsa anaknya sendiri. Sehingga sangat dianjurkan untuk segera memisahkan anak ikan Platy dengan ikan besar yang lain.

Lihat juga Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Kita bisa beternak ikan Platy dalam akuarium rumah. Cara ini terbilang praktis dan menguntungkan. Untuk pemasaran maka anda bisa menjualnya dengan berbagai cara, termasuk dengang menjual di depan sekolah.

Pangsa pasar jenis ikan hias air tawar ini bisa kalangan anak-anak sekolah atau para penggemar ikan hias yang banyak jumlahnya di Indonesia. Pemasaran lewat media sosial pun dapat anda lakukan sebagai sarana penjualan dan pemasaran yang sangat efektif.

Cara Budidaya Ikan Platy

Kalau budidaya ikan hias Platy dalam akuarium maka pastikan dalam akuarium tersedia tempat untuk bersembunyi ikan. Seperti dengan memberikan hiasan akuarium maupun terumbu karang. Hal ini berguna bagi anakan ikan Platy dapat terhindar di makan ikan yang lebih besar ukurannya. Jenis ikan ini juga termasuk kanibal seperti ikan lele. Ikan Platy yang berukuran besar suka memakan ikan yang berukuran kecil.

Cara beternak ikan hias Platy lainnya yang benar adalah dengan mengambil indukan ikan Platy yang berkualitas baik. Hingga dapat menghasilkan anakan ikan Platy dengan kualitas bagus.

jenis ikan hias platy

Untuk cara budidaya ikan hias Platy adalah dengan mengawinkan ikan Platy jantan dengan ikan Platy betina dewasa. Masukkan pada kolam atau akuarium ikan Platy jantan. Kemudian masukkan indukan ikan Platy betina dewasa dalam jumlah lebih besar ketimbang yang jantan. Perbandingannya dua berbanding satu. Dalam arti, satu ekor ikan Platy dewasa jantan untuk bagi dua ekor Platy dewasa betina.

Ikan Platy dewasa betina dalam jangka waktu sebentar akan mengalami hamil. Yang cirinya bisa kita kenali dengan memperhatikan perut ikan. Perut ikan Platy betina yang tampak ada bintik hitam pada sekitar sirip dan perutnya besar merupakan pertanda ikan Platy dewasa betina sedang hamil.

Ikan Hias Molly

Ikan hias air tawar yang memiliki bentuk yang unik dan menarik ini digandrungi oleh para pencinta ikan hias air tawar di tanah air. Yang menjadi ciri khas ikan Molly adalah dari tubuhnya yang mempunyai warna-warna yang sangat mencolok dan memukau.

Ikan Molly termasuk golongan jenis ikan hias air tawar terbaik dan cocok untuk usaha budidaya karena hal berikut ini.

  • Sifatnya yang sangat mudah beranak pinak tanpa banyak campur tangan manusia
  • Pemeliharaan ikan Molly sangat simpel daripada memelihara ikan Guppy dan Ikan Platy
  • Karakteristik ikan yang sangat produktif

Cara beternak ikan hias Molly sangat berbeda dengan membudidayakan ikan Platy. Jika ternak ikan Platy, indukan ikan Platy betina harus kita masukkan dalam kolam dengan jumlah lebih banyak dari jantan. Maka pada ternak ikan Molly, jumlah ikan Molly jantan harus kita masukkan lebih banyak pada kolam atau akuarium ketimbang ikan Molly betina dewasa.

Tips Penting dalam Budidaya Ikan Hias

Dalam menjalankan usaha ternak ikan hias, selain penting mengetahui cara dan langkahnya, anda juga bisa belajar dari pengalaman para penghobi lainnya. Nah, berikut ini beberapa tips penting dalam budidaya ikan hias berdasarkan pengalaman dari para pelaku usaha ternak ikan henis iniyang sebaiknya anda tahu.

1.Memilih Jenis Ikan Hias

Salah satu langkah pertama dalam beternak ikan adalah memilih jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk kita ternakkan. Jenis ikan hias itu sangat banyak sampai ribuan jenis. Anda bisa memilih jenis ikan berdasarkan kelebihan berikut ini.

  • Memilih ikan hias yang mudah kita ternakkan dan kembangbiakkan
  • Memilih jenis ikan hias yang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat sehingga tak mudah mati
  • Menentukan jenis ikan hias yang gampang kita pelihara
  • Menentukan ternak ikan hias kecil atau ternak ikan hias besar
cara budidaya ikan hias air tawar

Dengan beberapa pertimbangan dalam menentukan dan memilih beternak jenis ikan hias. Kita bisa memilihnya berdasarkan hal di atas dan berdasarkan tingkat keuntungan besar sehingga kamu merasakan dapat banyak uang hasil jerih payah kamu selama ternak ikan hias.

2.Memilih Tempat dan Kolam Ternak Ikan Hias

Untuk budidaya ikan hias dapat anda lakukan dalam kolam maupun akuarium. Setelah menentukan jenis ikan hias yang akan kita budidayakan maka berikutnya adalah mempersiapkan kolam atau akuarium.

Lihat juga Kolam Budidaya Ikan Air Tawar

3.Memberikan Pakan Secara Teratur

Masalah paka merupakan bagian penting dalam usaha ternak ikan, khususnya ikan hias. Berbeda dengan jenis ikan konsumsi, pakan ikan hias ebih variatif dan tidak melalu pada kandungan nutrisi dan proteinnya. Ini berguna agar warna dan keindahan ikan hias akan lebih berkembang.

Demikianlah beberapa jenis ikan hias air tawar terpopuler dan banyak orang yang menyukainya. Dengan mengenal cara budidaya ikan hias yang baik dan selalu mengevaluasi pengalamannya akan membuat usaha anda akan berkembang semakin maju dan sukses.

Leave a Comment!

%d blogger menyukai ini: