Ragam Ikan

Cara Ternak Belut dalam Drum atau Tong untuk Usaha Budidaya

Cara ternak belut dalam drum atau tong dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Usaha budidaya ini memiliki banyak keunggulan ketimbang ternak hewan lainnya. Selain mudah, modal untuk usaha ini tidak besar. Bahkan Anda bisa memulai bisnis ini dari rumah dengan media tong atau drum.

Berternak belut menjadi suatu usaha yang tengah populer terutama bagi masyarakat pedesaan. Hal tersebut seiring dari permintaan masyarakat terhadap binatang ini yang terus meningkat setiap tahunnya.

Belut seringkali kita jadikan makanan, untuk pengobatan atau konsumsi yang mengandung banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Belut dapat kita olah menjadi makanan yang enak dan gurih layaknya makanan restoran kelas atas.

Permintaan terhadap belut bisa dari banyak kalangan. Seperti dari kalangan perorangan, rumah makan, restoran, pasar, industri pengolahan kuliner belut, sampai kalangan pabrik pengobatan.

Ada banyak keutamaan hewan air tawar ini. Belut mempunyai kandungan vitamin B12, B1, E, D dan Vitamin A serta mengandung mineral fosfor yang penting untuk tubuh. Selain itu, mengonsumsi belut juga baik karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati beberapa penyakit tertentu.

Kebutuhan yang sangat besar terhadap belut belum mampu terpenuhi secara baik oleh para peternak belut. Inilah yang membuat peluang usaha ternak belut sangat menjanjikan keuntungan besar.

Melihat permintaan pasar terhadap belut yang tinggi membuat usaha ternak ikan ini sebagai peluang usaha yang sangat prospek dan menguntungkan. Apalagi cara beternak belut dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Dari mulai cara termudah dan tersulit.

Seperti cara ternak belut dalam drum atau tong, dengan ember, berternak belut dengan air bersih, cara budidaya belut dengan terpal, teknik ternak belut modern, dan lain sebagainya.

Keuntungan Usaha Budidaya Belut

Setiap jenis usaha mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itu pula yang terdapat pada usaha ternak belut. Mengenal dan memahami proses budidaya terhadap jenis ikan konsumsi ini menjadi sangat penting.

Berdasarkan pengalaman, yang menjadi kelemahan usaha beternak belut adalah adanya risiko kegagalan. Belut yang kita ternakkan ada kemungkinan mengalami kematian. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya kolam tempat ternak belut tak sesuai dengan kondisi habitat aslinya.

Baca juga Cara Budidaya Ikan Lele

Namun untuk sukses dalam usaha ternak belut, jangan hanya dilihat segi kekurangan saja. Seseorang mesti fokus pada kelebihannya. Berikut ini beberapa keuntungan usaha budidaya belut bagi Anda yang ingin menjalankannya.

1.Harga Jual Belut yang Tinggi

Harga belut perkilogram relatif stabil. Bahkan pada musim-musim tertentu mengalami kenaikan harga per kg yang sangat tinggi. Misalkan pada saat musim kemarau panjang. Harga belut di setiap daerah berbeda-beda. Harga belut perkg saat ini secara umum sebesar Rp 40 ribu sampai Rp 100 ribu.

2.Belut Mudah Dibudidayakan

Kelebihan lain dari beternak belut adalah gampang kita budidayakan. Anda bisa memilih beberapa pilihan seperti cara ternak belut dalam drum atau tong, dalam ember, kolam tembok, kolam beton, kolam terpal plastik, dan media lainnya.

3.Gampang Pemasarannya

Hal berikut dari keuntungan beternak belut adalah gampang dalam penjualan dan pemasarannya. Pangsa pasar belut sudah terbentuk dengan sendirinya dalam skala kecil maupun skala besar. Dalam skala kecil adalah setiap orang bisa menjadi target pemasaran khususnya yang suka terhadap kuliner belut.

Selain itu, belut bisa kita jadikan menu teman nasi atau dijadikan keripik belut. Pendek kata, pemasaran belut sangat luas terutama bagi warung makan atau restoran yang selalu menyediakan menu belut. Belut sangat nikmat dan gurih ketika digoreng atau dipepes. Banyak orang menyukai masakan belut.

Pilihan Cara Ternak Belut Dalam Drum atau Tong

Cara budidaya belut sebenarnya cukup mudah. Siapapun bisa melakukannya tanpa memandang status dan profesi. Sebagian orang menjadikan usaha ternak belut sebagai sebuah bisnis sampingan dan sebagian sebagai bisnis utama yang menghasilkan laba besar.

cara budidaya belut dalam drum

Ada beragam cara dan teknik yang bisa kita tempuh dalam budidaya ikan air tawar ini. Anda dapat melakukan berternak belut berdasarkan modal yang ada atau barang-barang yang sudah Anda miliki. Pada dasarnya ada sejumlah cara untuk membudidayakan belut. Berikut ini cara ternak belut dalam drum atau tong yang mudah dan praktis yang bisa anda pilih.

  • Budidaya belut dalam kolam atau drum tanpa lumpur
  • Berternak belut dalam kolam atau drum dengan lumpur

Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Belut Dalam Drum

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk budidaya belut adalah menggunakan media drum. Cara ini bersifat praktis dan rendah biaya. Anda tinggal memanfaatkan drum atau tong kosong untuk dijadikan tempat beternak belut.

Lihat juga Panduan Cara Budidaya Ikan Nila untuk Usaha Modal Kecil

Selain itu, tong bisa dalam bentuk drum atau toren. Misalkan drum kosong berukuran besar bekas aspal maupun cat. Cara ternak belut dalam drum atau tong mempunyai banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan usaha budidaya belut dengan wadah tong atau drum.

1.Tidak memerlukan lahan yang luas

Lahan yang kita butuhkan hanyalah tempat untuk menyimpan drum.

2.Irit angggaran keuangan

Modal awal untuk usaha ternak belut pakai drum ini sebesar Rp 500 ribu. Harga drum sangat murah di pasaran ketimbang membuat kolam tembok atau kolam terpal.

3.Mudah dilakukan oleh siapa saja

Adapun yang menjadi kelemahan usaha beternak belut dalam drum adalah dari segi penggunaan drum yang tidak tahan lama.

Tahapan Cara Ternak Belut Dalam Drum dan Tong

Cara ternak belut dalam drum atau tong adalah cara yang cukup brilian dan inovatif. Sudah mulai banyak orang yang menjalankan cara ini dan berhasil. Teknik ini begitu gampang kita lakukan dan sangat praktis.

Anda tak membutuhkan lahan kolam yang luas. Tapi yang anda butuhkan adalah sebuah drum yang baru maupun bekas. Harga drum saat ini sangat murah hingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya modal yang besar untuk memulai usaha budidaya belut.

Prospek usaha ternak belut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Anda yang sedang mencari peluang usaha tak usah ragu mengambil peluang bisnis ini yakni bisnis budidaya belut.

Karena cara budidaya belut sangat mudah, modal yang kita perlukan relatif kecil bahkan bisa tanpa modal. Begitu juga masalah pemasaran dan penjualan belut sangat mudah. Mengingat permintaan terhadap belut sangat tinggi di masyarakat.

Tanpa panjang lebar, berikut ini langkah-langkah cara ternak belut dalam drum atau tong dari awal sampai berhasil dan menguntungkan.

1.Persiapan Tong atau Drum

Drum yang akan kita jadikan kolam tempat budidaya belut tersebut pastikan dulu telah bersih dari kotoran atau noda serta dari zat-zat berbahaya dalam drum maupun luar drum. Pendek kata, drum ini berfungsi sebagai media ternak hewan belut dan merupakan pengganti kolam.

cara ternak-belut-dalam-drum

Kalau Anda tidak mempunyai drum maka cara beternak belut dapat anda lakukan dengan memakai media kontainer plastik, drum plastik, tong besi, atau kolam terpal. Namun drum untuk tempat ternak belut harus kita lakukan pembersihan dari luar dan dalam drum.

Setelah itu simpanlah tong atau drum pada tanah datar. Untuk mencegah tong terguling Anda harus memberikan penahan atau ganjalan pada sisi kiri dan kanan tong drum.

Langkah berikutnya, pada bagian bawah tong kita buat lubang pembuangan. Sedangkan pada bagian atas drum jangan lupa untuk kita buatkan sebuah rancangan peneduh supaya belut tak terkena dari sinar matahari secara langsung.

2.Menciptakan Sarana Pertumbuhan Belut

Cara ternak belut dalam drum selanjutnya adalah menciptakan suasana habitat asli belut supaya belut dapat tumbuh dan berkembang biak secara baik layaknya sesuai habitat aslinya.

3.Menentukan Benih Belut Yang Unggul

Pemilihan larva dan bibit ikan unggul merupakan bagian penting dalam usaha ternak ikan. Untuk benih belut yang unggul terdiri-dari indukan jantan dan betina yang tanpa cacat dan kondisi sehat. Dari indukan ini akan menghasilkan banyak anakan belut.

4.Pemberian Pakan Belut Terbaik

Salah satu yang menentukan kesuksesan usaha ternak belut adalah pakan. Pakan bagi belut bisa berupa pakan alami maupun pakan buatan.

5.Panen Ternak Belut

Inilah saat yang menjdi penantian para peternak belut. Para peternak belut akan mendapatkan laba dan keuntungan dari usaha ternaknya. Besaran laba tergantung hasil panen setelah kita kurangi biaya produksi.

cara ternak belut dalam tong

6.Pemasaran Belut

Pada langkah ini juga merupakan tahap penting untuk mendapatkan laba. Apalagi dengan kemajuan teknologi komunikasi dan internet yang berkembang sangat pesat akan mudah bagi Anda memasarkan belut.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan belut. Apalagi di grup-grup Facebook tersedia grup jual beli belut. Grup dan forum inilah merupakan media pemasaran yang tepat bagi hasil panen belut. 

Demikian cara ternak belut dalam drum atau tong yang sangat cocok untuk pemula. Dengan kemudahan dalam operasional dan modal kecil, usaha ini bisa menjadi tambahan penghasilan untuk keluarga anda.

Leave a Comment!

%d blogger menyukai ini: